PERANGKAT KOPERASI DAN MANAJEMEN KOPERASI

NAMA : SANTI RAHMAWATI

KELAS : 2EB04

NPM : 2A214006

BAB III

Di BAB III ini, saya ingin menjelaskan tentang : perangkat koperasi dan manajemen koperasi, berikut penjelasannya :

PERANGKAT KOPERASI

  • Menurut UU No.25/1992 yang termasuk perangkat organisasi koperasi adalah :
  1. Rapat Anggota
  2. Pengurus
  3. Pengawas

Berikut penjelasannya :

  1. Rapat Anggota : Wadah aspirasi anggota dan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi. Sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Jadi, segala kebijakan yang berlaku dalam koperasi harus melewati persetujuan rapat anggota terlebih dahulu, termasuk pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian personalia pengurus dan pengawas.
  2. Pengurus : Pemegang kuasa RA untuk mengelola koperasi, artinya pengurus hanya boleh melakukan segala macam kresi manajemen yang tidak keluar dari koridor keputusan RA. Pengurus merupakan pimpinan kolektif tidak berdiri sendiri dengan pertangungjawaban bersama. Biasanya pengurus yang terdiri atas beberapa anggota pengurus.
  3. Pengawas : Pengawas dipilh oleh RA untuk mengawasi pelaksanaan keputusan RAT dan juga idiologi. Tugas pengawas tidak untuk mencari kesalahan tetapi untuk menjaga agar kegiatan yang dilakukan oleh koperasi sesuai dengan idiologi, AD/ART koperasi dan keputusan RA.

MANAJEMEN KOPERASI

  • Definisi dari manajemen koperasi

Definisi manajemen koperasi yang sering dipakai adalah suatu cara mencapai tujuan koperasi dengan bekerjasama sesuai dengan nilai dan prinsip koperasi, definisi ini tidak akan anda temukan dalam jurnal manajemen koperasi manapun karena saya memang ini adalah hasil pemikiran saya yang saya rumuskan sendiri.

Dengan demikian Manajemen Koperasi dapat diartikan sebagai suatu proses untuk mencapai tujuan melalui usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan.Untuk mencapai tujuan Koperasi, perlu diperhatikan adanya sistim Manajemen yang baik, supaya tujuannya berhasil, yaitu dengan diterapkannya fungsi-fungsi Manajemen.

  • Fungsi-fungsi Manajemen menurut G Terry:
  1. Planning (Perencanaan)
  2. Organizing (Pengorganisasian)
  3. Actuating (Penggerakan untuk bekerja)
  4. Controlling (Pengawasan/Pengendalian)

Sumber :

https://cipe09.wordpress.com/2013/10/26/tugas-6-ekonomi-koperasi-manajemen-dan-perangkat-koperasi/

http://jazillahdinda.blogspot.com/2013/11/definisi-stuktur-dan-manajemen-koperasi.html

Tinggalkan komentar