Ringkasan Penulisan Ilmiah (PI) dan Korelasi Etika Profesi yang Ada

Nama               : Santi Rahmawati

NPM                 : 2A214006

Kelas                : 4EB04

Mata Kuliah   : Etika Profesi Akuntansi

Judul PI           : ANALISIS COST VOLUME PROFIT SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA JANGKA PENDEK PADA TOKO MIRASA CAKE

Ringkasan PI :

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui laba bersih pada perhitungan laba/rugi, titik impas, jumlah maksimum penurunan volume penjualan, dampak perubahan pendapatan penjualan, dan total penjualan dan laba bersih yang diinginkan pada Toko Mirasa Cake. Maka, penulis melakukan Analisis Cost Volume Profit dengan menggunakan metode Break Even Ponit, Margin Of Safety, Degree Of Operating Leverage, dan Perencanaan Laba.

Setelah melakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa Break Even Point saat penjualan Rp20.699.126 atau jika dinyatakan dalam kuantitas penjualan, bolu lapis Surabaya 201 unit dan bolu pisang 158 unit. Maksimum penurunan penjualan yang boleh terjadi dalam perhitungan Margin Of Safety Rp22.650.874 atau 52%, jika Toko Mirasa Cake tidak ingin mengalami kerugian. Pada Degree Of Operating Leverage besarnya dampak perubahan pendapatan terhadap laba bersih pada produk Toko Mirasa Cake 1,914 kali. Kenaikan laba yang diinginkan perusahaan 20%, maka total penjualan Rp43.721.005 sehingga laba bersih yang diinginkan Rp2.157.636. Jadi, jika perusahaan ingin mengetahui laba bersih pada perhitungan laba/rugi, titik impas, jumlah maksimum penurunan volume penjualan, dampak perubahan pendapatan penjualan, dan total penjualan dan laba bersih yang diinginkan, perusahaan dapat menggunakan Analisis Cost Volume Profit, agar perusahaan dapat mengetahui hal hal apa saja yang memang seharusnya dilakukan oleh perusahaan, untuk mencegah terjadinya kerugian dalam perusahaan.

Korelasi Etika Profesi yang berhubungan dengan Penulisan Ilmiah (PI)  :

Disetiap kehidupan pasti ada yang namanya etika, salah satunya etika didalam sebuah perusahaan atau tempat kerja, dan sebagainya. Dapat disampaikan bahwa korelasi etika yang ada di penulisan ini adalah terdapat pada etika dalam berbisnis maupun kinerja para pegawai, pengusaha dan kinerja para pegawai berjalan dengan baik, sesuai dengan yang direncanakan. Para pegawai diberikan upah/gaji sesuai dengan pekerjaannya masing-masing.

 

Tinggalkan komentar